Jetour Dashing, SUV dengan tampilan eksterior agresif, telah diuji oleh tim Kompas.com untuk mengevaluasi kenyamanan berkendara hariannya. Uji coba ini bertujuan untuk melihat seberapa mumpuni SUV ini dalam menghadapi kondisi jalanan perkotaan sehari-hari. Hasilnya memberikan gambaran yang menarik mengenai perpaduan performa dan kenyamanan yang ditawarkan Jetour Dashing.
Performa Mesin dan Transmisi yang Mulus
Jetour Dashing dibekali mesin 1.5L 4-silinder turbocharge. Tenaga yang dihasilkan cukup memadai untuk penggunaan harian.
Transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 6-percepatan bekerja dengan baik. Perpindahan gigi terasa mulus dan nyaman, berkontribusi pada pengalaman berkendara yang menyenangkan.
Kenyamanan Berkendaranya: Antara Empuk dan Keras
Jok yang empuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Hal ini terasa sangat signifikan dalam perjalanan jarak dekat maupun menengah.
Setir yang ringan memudahkan manuver, terutama di jalanan padat. Putar balik pun dapat dilakukan tanpa tenaga ekstra.
Suspensi independennya terasa sedikit keras, terutama pada kecepatan menengah hingga tinggi saat melewati jalan yang tidak rata. Namun, pada kecepatan rendah, suspensinya cukup lembut dalam meredam guncangan.
Mobil ini tetap stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi, memberikan rasa aman dan nyaman di jalan tol.
Desain Interior dan Teknologi: Sebuah Pertimbangan
Semua pengaturan mobil terintegrasi pada layar head unit. Hal ini mengakibatkan minimnya tombol fisik di dasbor.
Meskipun tampilan dasbor terlihat lebih modern dan minimalis, pengaturan fitur mobil saat berkendara menjadi sedikit kurang praktis.
Penggunaan layar sentuh untuk semua pengaturan dapat menyulitkan pengemudi, khususnya ketika dalam kondisi terburu-buru atau situasi darurat. Butuh penyesuaian untuk terbiasa dengan sistem ini.
Kesimpulannya, Jetour Dashing menawarkan performa mesin dan transmisi yang baik untuk penggunaan harian. Kenyamanan berkendara secara keseluruhan cukup baik, meskipun suspensi terasa sedikit keras pada kecepatan tinggi. Namun, sistem pengaturan yang terpusat di layar head unit menjadi poin yang perlu diperhatikan, karena dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara, terutama saat mobil sedang melaju. Dengan harga Rp 359,7 juta (OTR Jakarta), Jetour Dashing memberikan tawaran yang menarik bagi konsumen yang mencari SUV turbo dengan performa dan kenyamanan yang seimbang, meski dengan catatan pada sistem pengaturannya.